Jun 3, 2020

Tentang Kegagalan Part 2

Hai, kayanya gua update blog hampir setahun sekali yaaa. Pada tulisan kali ini gua akan mencoba menyambung tulisan gua sebelumnya yang berjudul Tentang Kegagalan. Jadi part 2 nya ni. Gua saranin buat baca yang Part 1 ya, biar lebih berasa aja feelnya buat kalian wkwk. Yatapi gapapa si, gua disini nulis bukan pengen kalian ngerasain juga, gua nulis emang karena gua pengen aja wkwk

Pada tulisan sebelumnya gua udah jelasin tentang mimpi gua ketika SMP, kegagalan gua pas masuk SMA favorit gua, dan kisah2 dibalik itu semua. Nah disini gua akan cerita tentang kehidupan setelah lulus SMA.

Setelah kegagalan saat mau masuk SMA, gua masih dikasih kesempatan buat sekolah di SMA Negeri walau bukan sekolah yang gua pengen. Pikir gua gapapalah masih bisa bantu orang tua, karena biayanya murah bgt, malah di kelas 1 pas semester 2 digratisin waktu tahun gua, sampe lulus. Nah pas masuk gua udah niatin mau eksplor bakat-bakat gua kaya pas SMP, tapi ternyata disekolah gua ini belum banyak kegiatan-kegiatan yang ngembangin bakat-bakat pada saat itu, kaya gua pas mau eksplor minat gua dirobotik, emang ada si ekskul IT, cuma gua merasa pas ikut, kegiatannya kurang aktif, trus gua mau ikut ekskul tentang menulis atau pers, disana belum ada, trus ada juga ekskul tentang fotografi atau videografi cuma disitu gua minder karna gua gapunya kamera, dan gua liat anak anak yang ikut kaya hits semua, rasa percaya diri gua emang kurang banget. Nah jadinya gua jalanin aja tuh kan ekskul IT. Cuma gua merhatiin ekskul lain yang lebih aktif, sering lomba dan juara, keren banget. Ekskul Paskibra. Nah akhirnya gabunglah  gua disana kan. Oke sepertinya sudah melenceng lagi wkwk untuk detil cerita kehidupan gua di SMA mungkin akan gua ceritain dilain postingan yaa.

Setelah melalui masa-masa putih abu abu dengan segala macam bumbu-bumbu drama cinta cintaan, drama pertemanan, drama keorganisasian, perekskul riaan, tibalah gua dipenghujung masa SMA, dimana bisa dibilang drama drama kaya cinta2aan udah diujung tanduk, pertemanan yang pelan-pelan gua fokusin ke belajar dulu, dan tetep aja gua merasa belum siap, gua merasa ko udah mau lulus aja, gua udah ngapain, gua bisa apa, gua mau kemana.

Saat itu gua tetep idealis dengan mimpi SMP gua, kalo gua mau masuk ITB, gua cari info alumni sekolah gua, apa ada yang pernah lulus kesana. Ternyata ga ada. Gua nanya ke guru BK, eh gua disuruh jangan ketinggian targetnya. Sedih. Walau sekarang gua akuin kata kata guru gua bener, saat itu gua cuma omong doang. Nyatanya, prestasi gua biasa biasa aja. Ga yang waw bgt untuk bisa diterima di perguruan tinggi ternama. 

Saat itu gua emosional, gua pengen bgt buktiin kalo gua bisa, selaama ini gua emang ga serius aja, dsb. 

Mulailah gua serius dari pagi, siang, sore  dan malem nonton video zenius yang gua beli, gua langsung fokus ke sbmptn, sambil pelajarin lagi materi2 dari dasar sampe latihannya. Walau gua rada gayakin karena saat itu waktu menuju ujiannya udah kurang dari 6 bulan. Sedangkan saat itu gua masih harus memperbaiki cara belajar gua, pola pikir, pondasi pondasi berpikir lainnya. Ditambah persiapan-persiapan ujian nasional dari sekolah. Jadi padet sekali waktu itu. Tidur gua saat itu ga ada yang bener bener tidur karena pengen tidur, selalu tidur karena ketiduran belajar. Tapi gua enjoy, karena gua tau alasan gua berusaha kaya gitu, gua tau tujuan gua.

Makin mendekati hari pertempuran banyak deh diadain tryout ujian sbmptn. Gua ikut tryout yang online dan offline. Hasilnya masih jauh dari target ternyata. Sempet gua merasa, kayanya gua harus lupain mimpi gua ke ITB. Tapi, idealisme gua bilang, jangan, kalo diturunin targetnya, nanti gua bakal santai-santai, dan emang saat itu udah dimasa lagi cape capenya. Mulai rada kendor jam belajar gua karena gua mulai cape, dan gua gamau maksain juga karena yang ada malah gamasuk kalo dipaksa gitu kan.

Ohiya salah satu faktor yang juga membuat kendor belajar gua karena gua ternyata lolos untuk bisa daftar snmptn disekolah gua. Waktu itu gua dilema bgt buat milih jurusan dan univ di snmptn itu, karena ada rumor kalo pilihan kita di snmptn tu harus yang bener bener akan kita ambil, sedangkan idealisme gua tinggi bgt kalo gua ga akan mau kalo bukan di ITB walau gua sadar nilai rapot gua b aja, tapi daripada gua keterima selain di ITB dan gua ga seneng jalaninnya akan gaenak juga. Saat itu gua mikir gitu. Akhirnya gua cuma milih satu tujuan, ITB. Bener aja, gua ditolak. Seharusnya gua ga kaget. Tapi entah, sedih aja, gua merasa nyesel aja, kenapa selama ini gua ga serius belajar. Gua liat temen temen gua yang lolos di UI, IPB, dan univ univ lain ya emang mereka gua akuin, setidaknya rajin anak anaknya. Ya emang ada beberapa yang tidak disangka bisa lolos sii. 

Pas ditolak mendadak mau matimatian belajar lagi. Impulsif banget emang. Ditabok dulu baru gerak. Ampun kalo inget masa-masa dulu.

Akhirnya tibalah hari H, gua juga udah survey lokasi ujiannya, gua udah siapin semuanya. Berangkat bareng temen satu SMA yang kebetulan tempat ujiannya sama. Beberapa menit ngerjain, gua cukup merasa lancar dibagian biologi, fisika, binggris, bindo, tapi kimia, matipa, dan matdas itu rada ragu, ini cuma perasaan gua aja si gua gatau apakah gua bener ngerjainnya apa cuma perasaan gua aja yang lancar wkwkw. 

Ada satu fun fact pas ujian sbmptn pertama gua ini, jadi dipertengahan ujian gua ngerasa ko ruangannya panas banget, gua lupa bawa sapu tangan buat lap badan gua yang keringetan, karna pas gua survey tu gua liat ada kipasnya, jadi gua ga kepikiran bakal kepanasan. Trus gua cek sekeliling ruangan, emang sih kipasnya nyala, jadi kipasnya ada dua, tapi yang nyala cuma satu, dan yang nyala ini ga ada baling balingnya :( cuma besinya doang muter kaya lidi. Dalem hati, yaampun, mau komplen gua udah fokus, takut ilang fokusnya, akhirnya yauda gua biarin aja. Ya walau gua sempet ngeri karena gua orangnya grogian sama keringetan bgt. Makanya gua ngeri tangan gua basah kena LJK sebenernya, tapi gua tetep fokus ngerjain, sampe kelar ujian gua masih khawatir tentang LJK dan saat itu gua berharap ga ada masalah, karena sedih banget kalo gagal karena hal teknis. 

Setelah ujian, banyak berseliweran tentang cek hasil atau prediksi kan, tapi gua, sangat berusaha ga pengen cek, gua gamau aja pesimis kalo nilai gua jelek atau sombong karena nilai gua udah tinggi. Yauda gua berdoa aja. Sembari berdoa gua juga daftar ujian lain. Gua daftar UTUL UGM sama SM UNNES buat jaga jaga kalo sbmptnnya ga lolos, dan kedua tes itu dilaksanain setelah pengumuman sbmptn.

Gua setelah ujian sbmptn rasanya kaya lega bgt padahal gua yakin itu banyak yang ngasal jawabannya. Tapi waktu itu rasanya kaya "Time to relax" belajar buat Ujian lainpun gua ga terlalu sematimatian pas sbmptn. Jadi gua kaya bener bener lebih santai. Karena gua pikir pilihan yang gua pilih dari 1-3 udah bisa ngecover sejelek2nya nilai gua, dari 1 paling idealis, sampe nomor 3 yauda asal bisa kuliah. 

Tibalah hari pengumuam sbmptn. Jujur gua excited. Tapi pesimis. At the same time. Gua berusaha nahan nahan supaya ga buru buru buat buka. Pas gua buka akhirnya, eh error, error sampe lama. Pas udah ga error, tulisannya gua gagal, gua masih mikir, "ah masih error ni", gua ulang terus-terusan, dan gua sadar ini emang ga error, emang gua gagal. Sama sekali gagal. Tiga pilihan gua ga ada yang nyangkut. Gua merasa apa gua sebego itu. Apa se gabisa itu gua buat kuliah. Mulailah malam malam sedih. Sedih bgt buat akhirnya ngelepasin mimpi gua, karena tahun itu ITB ga buka ujian mandirinya. Jadi bisa dibilang itu udah jalan terakhir masuk sana. Dan kesemua jalur itu udah gua coba, dan semuanya gagal. Bahkan ditempat lain gua juga gagal. Gua gatau apakah ketakutan gua akan LJK gua yang kemungkinan error atau emang gua sebego itu. 

Tapi gua ga mau nyerah, okelah gua ga ke ITB, trus apa gua mau diem doang dirumah? Gamau. Gua pun coba cari alternatif, selain gua coba belajar buat UTUL UGM sama SM UNNES, gua pun ikut ujian berdasarkan nilai rapot sama nilai sbmptn di UNY sama UNS.

Okee gua pikir udah kepanjangan, gua bener bener akan berusaha secepatnya menuntaskan cerita kegagalan gua ini wkwk banyak hal lain yang mau gua ceritain disini kaya tadi tentang masa SMA gua, mimpi-mimpi masa kecil, dan banyak pokonya. Seneng banget gua nulis kaya gini tuh, berasa memori gua bisa lebih tahan lama kalo gua tulisin. Kalo gua baca tulisan-tulisan gua kebelakang pasti gua berasa nostalgia aja sama cerita-cerita yang tiba-tiba gua inget lagi karena baca tulisan gua sendiri. Ya walau gua sadari kemampuan gua menulis kayanya bukan tambah bagus, malah makin acak adul ya wkwkw. Gapapa, yang penting gua lega udah nulis. Oke, sampai bertemu lagi ditulisan gua yang lain yaa!

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya. Komentar dari kamu penting lho buat kemajuan blog ini. Asalkan jangan nyepam yaa. Makasih udah baca ^o^)9

@RidhwaanKa