Jul 27, 2019

Tentang Kegagalan Part 1



Berhubung, udah lamaaa banget ga cerita-cerita, udah bertahun-tahun kalo lu liat jarak post-post sebelum ini, jadi gua akan mengawali cerita ini dengan flashback. Tapi kayanya ga akan flashback terlalu jauh, mungkin sekitar awal gua lulus dari SMA.

Dulu, pas akhir-akhir masa SMA, ga di akhir juga si, tapi pas awal masuk ke kelas 3 (kan kelas 3 itu udah di akhir, bambang). Saat itu, gua udah mulai kepikiran, mau lanjut kemana setelah lulus. Bukan murni tiba-tiba kepikiran juga si, tapi dari orangtua gua juga udah nanyain mulu gimana kalo gua udah lulus.

Jauh sebelum itu, gua sebenernya udah tau, gua pengen kuliah. Agak lucu kalo inget, gua udah memutuskan ingin kuliah saat masih SMP, ya, saat masih sering bercerita disini, ya mungkin ga gua ceritain juga si disini, karena pikiran pengen kuliah saat itu tuh, kaya Cuma asik ngayal aja dan ga terlalu kepengen banget gitu, waktu pelajaran guru konseling gitu tentang masa depan, bahkan gua udah tau mau ngambil jurusan apa saat kuliah nanti serta di universitas mana wkwk.

Di umur gua yang segitu, gua inget, lagi excited-excitednya sama  hal-hal tentang teknologi gitu, komputer, elektro, programming, web, design graphic, videographic, dan yang palingpalingpaling gua penasaran dan rela ngulik-ngulik ga kenal waktu dan lelah, gua pengen bikin robot.

Bikin robot ini gua bukan kaya yang Cuma penasaran sesaat doang, gua udah mulai mikirin itu tu sekitar awal masuk SMP,  dan kalo ditelusuri kebelakang lagi juga ada pengaruhnya sama pelajaran Komputer dasar gitu pas SD, dan panjang juga ceritanyaaa, ntar aja ya wkwk ntar melenceng ni dari pembahasan wkwk. Ini aja udah melenceng jadi ke SMP segala, perasaan niatnya mau nyerita SMA wkwk.

Nah, atas dasar minat itu, trus gua ceritain aja kan ke gurunya, trus guru itu kaya ngasih sebuah khayalan gila gitu bagi gua saat itu, bukan gua doang si, kaya ke semua siswa, dia kaya ngasih tau univ-univ terkenal di Indonesia, ya walau ga segila mimpi maudy ayunda saat kecil yang udah tau tentang universitas luar negeri si, Cuma bagi gua tu ini udah lumayan membuka mata dan rasa penasaran. Gua inget banget gua nulis, mimpi gua yaitu kuliah di Institut Teknologi Bandung, ga sedetil saat SMA, pokonya saat itu gua Cuma bilang jurusan komputer atau elektro.

Sebenernya masa SMP gua tu dulu gua merasanya emang ga pinter-pinter banget, biasa aja lah gitu, ya walau menurut gua itu biasa-biasa aja tapi hasil nilai UN gua ga bisa dibilang bagus juga. Jelek malah. 

Gua sama temen-temen deket pas SMP tu kaya udah punya inceran SMA gitu, sebut saja SMA 2. Bagus. Favorit emang. Kita pernah lomba disana, dan suasananya enak banget buat belajar, main, ngembangin hobi, nyaman deh yang gua rasain dulu disana tuh.

Tapi ada hal lain yang gua bingung saat itu, kan waktu itu udah ada SMK gitu ya, nah SMK ini tu bagus, sebut saja SMK T apalagi dibidang IT nya, nah gua bingung, jujur aja gua pengen kaya langsung memperdalam minat gua entah dibidang IT/Jaringan, atau dunia multimedia, apalagi animasi atau paling engga broadcasting gitu. Tapi karena SMK T ini tu Swasta (Bukan gua mendiskriminasi ya), saat itu biayanya lumayan mahal dibandingin di SMA Negeri, SMK negeri si ada cuma ga sebagus yang Swasta itu di jurusan IT atau Multimedianya dan jauh juga dari rumah. Trus juga terkenal di SMK T itu murid cowonya rambutnya bener-bener diperhatiin gaboleh gondrong banget, dan gua ini tipe orang yang gasuka gitu kalo digituin wkwk. Akhirnya gua mutusin masuk SMA Negeri gapapa, dan berniat akan kuliah. 

Nah, kita, temen-temen gua sepermainan, rame-rame sebelum UN tuh pada daftar di SMA 2 yang jalur akselerasi, waktu itu masih ada program akselerasi. Ngurus berkas bareng-bareng, survey bareng-bareng. Tes berangkat bareng juga.

Jadi pas tes itu ada di awalnya itu tes psikologi atau semacam tes IQ gitu. Nah, malam sebelum hari H tes itu gua cukup grogi juga ya, searching-searching buat nyari tau, ya salah gua juga si napa baru mendekati hari H searching-searchingnya. Nah, malam itu tu gua baca, faktor-faktor yang mempengaruhi lancar atau tidaknya tes psikologi semacam itu, soalnya gua mikir kan, tes kaya gitu kan mainin logika, fokus, dsb. Yang saat itu gua pikirin sih kaya gitu. 

Gua penasaran aja kenapa orang bisa gafokus saat tes itu, sampe jadi gagal lah. Setelah nyari tau di internet alasannya yaitu terburu-buru, kurang tenang, kurang persiapan fisik dan mental, dan tidak sarapan. Karena tesnya biasanya pagi kan jadi kaya sarapan apa engganya itu berpengaruh gitu soalnya pas tes kan mikirnya, fokusnya butuh banget tenaga dari sarapan itu. 

Setelah baca itu, gua langsung buru-buru istirahat. Padahal udah tanggung sebenernya, udah mau subuh malah. Trus subuhnya dibangunin dan belum terlalu nyenyak untuk tidur. Trusnya abis subuh ketiduran lagi, dan hampir telat buat tesnya dan yap, gua gasempet sarapan. Bener-bener kaya mimpi jadi kenyataan. Tapi mimpi buruk gitu. 

Lumayan kewalahan kan ngadepin tesnya gara-gara kakacauan itu, apalagi manajemen waktu pengerjaanya, apalagi ketika tes koran dengan waktu yang minim banget. Apalagi apalagi apalagi dan apalagi, banyak dah kalo mau beralasan mah, hehe. 

Tes selesai. Gua pasrah. Mau diapain lagi? Sudah kejadian juga, dan sudah berusaha maksimal saat itu walau itu ga bener-bener maksimal yang gua bisa. Ya gitu lah. Maaf kalo ribet bahasanya ehe *cutegirl mode*.

Pengumuman tiba, gua gagal, jadi nilai tes gua tu ga terlalu jauh sama batas nilai minimalnya gitu. Sempet ada rumor buat yang nilainya mendekati batas minimal bakal ada yang ditelefon buat diterima, misal ada siswa yang mengundurkan diri kan, temen gua ada yang ditelfon, tapi gua engga. Sedih.

Gagal masuk akselerasi. Yauda kan masih ada jalur biasa, nah gua coba daftar lagi, Cuma setelah UN. 

Setelah UN dan melihat hasil UN, gua liat nilai pesaing-pesaing yang daftar di SMA itu ko kaya jauh gitu sama nilai gua, udah mulai ragu nih mau tetep idealis milih SMA itu atau engga, dan akhirnya gua tetap milih itu di pilihan pertama, dan bener aja, nama gua terus tergeser, bahkan di pilihan kedua pun tergeser, untungnya di pilihan ketiga gua masih bertahan. Dan diterima di pilihan ketiga itu.

Gagal lagi masuk ke sekolah yang gua pengen. Ntah kenapa, gua juga gangerti, kaya saat-saat krusial kelas 3 SMP tuh kaya fokus gua tu gatau kemana, padahal tujuan gua udah jelas sebelum kelas 3. Waktu itu sedih gua bukan hanya karena gua gagal juga si, karena gua pikir, SMA yang gua diterima ini bakal jauh lah gitu dari SMA seseorang yang gua suka. Eaa apa banget dah ya wkwk. Salah gua sendiri si, menye-menye. Gampang kepengaruh sana-sini. Akhirnya kacau kemana-mana.

Udah kepanjangan kali ya? Bakal ada lanjutannya nih, soalnya masih panjang banget wkwk. Ohiya, kalo kata-kata gua ada yang keliru dan kalian lebih tau, gapapa di koreksi aja ya. Ditunggu kelanjutannya~

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya. Komentar dari kamu penting lho buat kemajuan blog ini. Asalkan jangan nyepam yaa. Makasih udah baca ^o^)9

@RidhwaanKa